Monday 20 May 2019

Landasan Teori: Definisi Kata-kata

Penelitian ini berjudul “Analisis Konsumerisme dalam Keuangan Personal: Model Solusi Berdasarkan Konsep Perencanaan Keuangan dan Manajemen Harta Islam”. Berikut dijabarkan mengenai definisi kata-kata tersebut berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring.
- Analisis: penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya); penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan; penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya; pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.
- Konsumerisme: paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang (mewah) sebagai ukuran kebahagiaan, kesenangan, dan sebagainya; gaya hidup yang tidak hemat.
- Keuangan: seluk-beluk uang; urusan uang; keadaan uang.
- Personal: bersifat pribadi atau perseorangan.
- Model: pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan.
- Solusi: penyelesaian; pemecahan (masalah dan sebagainya); jalan keluar.
- Konsep: rancangan; ide atau pengertian.
- Perencanaan: proses, cara, perbuatan merencanakan (merancangkan).
- Manajemen: penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.
- Harta: barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang.
- Islam: agama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. berpedoman pada kitab suci al-Quran yang diturunkan ke dunia melalui wahyu Allah Swt.

No comments:

Post a Comment

Kerangka SNLKI OJK 2017

Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017) Otoritas Jasa Keuangan BAB 1 Menuju Masyarakat Indonesia yang Well-literate...