Monday 7 May 2018

Proposal: Tujuan & Manfaat Penelitian

1.5. Tujuan Penelitian

Penelitian ini diharapkan akan memberikan pengetahuan mengenai:
1. Penyebab terjadinya fenomena konsumerisme, dan dampaknya pada personal finance.
2. Pendekatan Islamic wealth management dalam personal financial planning untuk memecahkan masalah konsumerisme.

1.6. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Bagi peneliti, untuk memenuhi persyaratan tugas akhir akademik dan memperdalam pengetahuan mengenai konsep-konsep Islamic wealth management dan personal finance. Juga untuk mendokumentasikan perumusan aplikasi Islamic wealth management dalam personal finance dalam usaha untuk mengeliminir dampak negatif konsumerisme.
2. Bagi praktisi, dapat menjadi salah satu masukan untuk menerapkan konsep-konsep Islamic wealth management ke dalam tataran pelaksanaan di personal finance dan dalam melakukan edukasi bagi masyarakat.
3. Bagi akademisi, dapat menambah khasanah keilmuan di bidang Islamic wealth management dan personal finance, serta dapat menjadi bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya di bidang yang sama. Hal ini penting untuk menjadi masukan dikarenakan masih sedikitnya literatur ilmiah yang mengupas tema Islamic wealth management dan personal finance di masa kontemporer. Pengembangan konsep penelitian ini juga dapat diaplikasikan pada pengelolaan keuangan organisasi dan keuangan negara dikarenakan permasalahan konsumerisme dapat berdampak luas hingga ke tingkat organisasi dan negara.
4. Bagi masyarakat, dapat menjadi masukan dan bahan bacaan yang berguna untuk menambah wawasan tentang Islamic wealth management dan personal finance, meningkatkan keterampilan dalam mengelola personal finance dengan didasarkan pada konsep Islamic wealth management dalam usaha untuk mengeliminir dampak negatif konsumerisme.
5. Bagi penentu kebijakan, dapat menjadi masukan untuk mempertimbangkan edukasi personal finance berdasarkan konsep Islamic wealth management kepada masyarakat baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan informal. Juga dapat menjadi masukan untuk mengeliminir dampak negatif konsumerisme dalam pengelolaan keuangan di tingkat yang lebih luas seperti organisasi dan negara.

No comments:

Post a Comment

Kerangka SNLKI OJK 2017

Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017) Otoritas Jasa Keuangan BAB 1 Menuju Masyarakat Indonesia yang Well-literate...